A. Background
of Study
Reading
is the third of the four language skills, which are: 1. Listening 2. Speaking
3. Reading 4. Writing. Reading memiliki dua kemampuan khusus yang harus
dikuasai yaitu skanning dan skimming. Banyak sekali keuntungan dari menguasai
reading skill yaitu untuk bisa mendapatkan informasi dengan tepat dan cepat,
membaca teks dengan pengucapan yang benar, mengartikan tiap kata didalam teks
dengan benar, dan mendapatkan maksud ataupun topic utama didalam teks.
Membaca merupakan salah satu hal yang sulit untuk dilakukan oleh kebanyakan orang, khususnya para pelajar yang malas untuk mendapatkan informasi dalam belajar. Rasa malas ini lah yang menyebabkan siswa memiliki kemampuan yang rendah didalam membaca khususnya membaca teks bahasa inggris. Siswa tidak mampu mendapatkan informasi didalam teks karena minimnya kegiatan membaca dan kemampuan akan reading. Siswa juga kurang paham trik-trik didalam reading untuk mendapatkan informasi secara cepat dan tepat karena keutamaan didalam reading adalah untuk mendapatkan informasi.
Untuk
dapat meningkatkan minat dan kemampuan siswa dalam reading tentu perlu metode
dan kegiatan aktif yang dapat dilakukan siswa dengan suka rela. Untuk itu maka
perlu dilakukan penelitian untuk memunculkan dan meningkatkan kemampuan membaca
siswa. Salah satu metode atau kegiatan yang dapat dimanfaatkan adalah dengan
klub bedah buku. Siswa dapat memanfaatkan novel-novel dalam bahasa inggris yang
mereka sukai untuk kemudian dibahas secara bersama-sama. Klub ini aktif membaca
dan membahas setiap isi, mendapatkan informasi, serta tujuan yang ada didalam
buku tersebut. Pertemuan dengan teman sebaya yang memiliki tujuan yang sama
tentu akan meningkatkan minat siswa dalam membaca, seiring dengan hal itu pula
siswa akan memiliki kemampuan reading yang baik dan dapat terus melatihnya
sebagai kegiatan rutin
Tujuan
daripada penelitian ini adalah memanfaatkan klub bedah buku untuk memunculkan
minat dan kemampuan reading siswa agar siswa dapat memanfaatkan waktu luangnya
dengan kegiatan yang positif dan mampu membangun kemampuan reading yang baik
pada siswa.
B. The
Identification of The Problem
Based on the background above, the
research identifies the problem as follow:
1.1.
Sulitnya meningkatkan kemampuan reading siswa.
1.2.
Minimnya kemauan membaca siswa.
1.3.
Minimnya kemampuan membaca siswa.
C. The
Scope and limitation
Penelitian
ini berfokus untuk memunculkan kemampuan reading siswa pada sekolah (……..)
D. The
Formulation of The Problem
The problems of this
research are formulated as the follows:
2.1. Mengapa siswa
memiliki kamampuan reading yang kurang baik?
2.2. Bagaimana meningkatkan
kemampuan membaca siswa?
2.3. Bagaimana memunculkan
minat baca siswa?
E. The
Objectives of The Research
3.1. Untuk dapat
meningkatkan kemampuan reading siswa
3.2. Untuk dapat
meningkatkan kemauan membaca siswa
F. The
Significance of The Research
The
results of this study are expected to be beneficial both theoretically and
practically elaborated in the following section.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar